Wednesday, January 05, 2011

Peuyeum Bollen




Peuyeum atau tape singkong adalah makanan khas Kota Bandung yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan beraroma alkohol. Peuyeum ini dibuat dari singkong yang difermentasikan. Orang sering mengatakan peuyeum sama dengan tape singkong, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan yaitu peuyeum lebih kering daripada tape.

Hal ini dikarenakan perbedaan dalam proses pembuatan dan penyimpanannya. Peuyeum dengan kualitas bagus yaitu peuyeum yang baunya dan rasanya enak, manis dan asam.

Peuyeum dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Bandung seperti di sekitar Terminal Leuwi Panjang, di Pasar Baru, dan di pasar-pasar tradisional.
(sumber: www.indonesia.travel)

Lagi pengen bikin peuyeum yang digoreng .. n boring of those 'usual' bollens, lalu jadilah peuyeumbollen. Super easy n rasanya khas :) ...

Ingredients :

- 2lonjor panjang Peuyeum
- Terigu (self raising flour) secukupnya
- Gula halus secukupnya
- 5sdm Margarin
- 1 butir telur
- Minyak goreng
- Gula halus n kayu manis bubuk untuk taburan (jika suka)

Method :

- Peuyeum dibuang seratnya, lalu haluskan dengan garpu.
- Masukkan telur, aduk rata n berturut-turut masukkan gula halus, terigu n margarin, uleni hingga adonan bisa dibentuk. Jika terlalu lembek, tambahkan terigu tapi jangan terlalu banyak, karna adonan akan keras hasilnya n ga kerasa peuyeumnya kan :D
- Diamkan sejenak
- Bentuk bulat-bulat menggunakan 2 sendok lalu goreng dalam minyak dengan panas kecil sedang hingga matang.
- Taburi gula halus n kayu manis jika suka :)

0 comments: