Thursday, January 27, 2011

Bakso Tuna Goreng Saus Kacang




Ikan tuna. Mengandung vitamin E untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sel T, sel tubuh yang bertugas mendeteks melawan sel-sel bermutasi atau sel-sel yang sudah terinfeksi pathogen (kuman penyakit). Omega-3 di tuna 28 kali lebih banyak dari ikan air tawar. Fungsi omega-3 itu, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tingkat ersiko asma, mencegah diabetes tipe 1 dan menjaga tulang. Tuna juga mengandung vitamin B3, B5, B1, selenium dan fosfor.
[Majalah AyahBunda]

Bikin bakso tuna ini adalah resep akal-akalan sendiri mwuhahahah..karna pas liat kulkas masi ada sambal sisa cilok kmaren, trus di freezer ada ikan tuna yang udah difillet. Finally dibuatlah bakso, n biar enak dimakan pake sambel kacang, abis direbus trus digoreng, trus ditusukin kayak sate biar ga ribet makannya :D dan gara-gara bakso tuna goreng ini adek saya ngajakin bikin gerobak. Buat? ya buat jualan huahuahauua ... good idea, rite? -)

Dan seperti biasa, kalo resep itu hasil bikinan saya sendiri, pasti ga pernah ada ukuran yang pasti soal bahan-bahannya. Jadi, pake perasaan aja ya kalo masak .... ini masaknya pake gaya Jamie Oliver on show :D BAGBIGBUG BAGBIGBUG dannn this is it :D Jamie Oliver jadi Farah Quinn whuahuahua...

Here we Go ...

Ingredients :

- Ikan tuna fillet. Haluskan atau iris lembut
- Tepung sagu
- Tepung tapioka
- Air es
- Bumbu halus (garam, bawang putih, merica)
- Air, direbus
- Minyak untuk menggoreng

Method :

- Campur ikan bersama tepung sagu n tapioka. Tepung tapiokanya jangan kebanyakan ya, cuma sbagai campuran saja :D
- Masukkan bumbu halus, aduk sambil dituangi air es secara bertahap sampe adonan kalis.
- Buat bulatan-bulatan menggunakan sendok ato pake kepalan tangan kayak orang2 buat bakso getuuhh.. lalu langsung masukkan dalam air yang sudah mendidih.
- Rebus sampai mengapung n matang. Angkat. Diamkan sebentar
- Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.
- Hidangkan bersama saus kacang pedas :D

0 comments: