Wednesday, September 12, 2012

Rawon


Ini pertama kalinya masak rawon. Ternyata susah bener ya mukul-mukul si kluwek itu. Pertama dipukul sampe mencelat tu kluwek entah kemana, kayaknya masuk kolong lemari dapur. Males nyari-nyari, lagian udah kotor juga kali ya. Di resepnya tertulis 3 kluwek, untung kemaren pas beli sbungkus isinya 4, jadi kluwek ilang satu masi ada sisa 3 pas deh hahaha

Kalo liat di warung-warung getu rawonnya bisa item banged, mungkin kluweknya agak banyakan kali apa ya, kalo punyaku ini jadinya coklat terang agak kemerahan. Cabenya aku tambahin soalnya ;d ..

Kalo di Semarang, biasanya rawon itu engga pake taoge, tapi pas udah mateng dikasi daun so (daun melinjo), jadi bentukannya lebih mirip pindang kudus daripada rawon. 

Ini resepnya ambil dari Melrose Flowers n pakenya taoge. Met memasak :)))

Ingredients :

- 300 gram daging sapi yang agak berlemak
- 100 gram tauge pendek, dicuci bersih
- 2 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, dimemarkan
- 2 cm lengkuas/laos, dimemarkan
- Garam dan merica secukupnya
- 6 gelas air

Bumbu yang dihaluskan:

- 4 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 4 butir kemiri
- 3 buah kluwek, diambil isinya
- 2 buah cabai merah (aku pake 4)

Cara Membuat:
- Potong kotak-kotak kecil daging sapi.
- Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum bersama serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk.  Tambahkan garam dan merica secukupnya.
- Kemudian, di dalam panci yang sudah diisi 6 gelas air, masukkan potongan daging sapi dan bumbu yang dihaluskan, rebus sampai daging sapi matang dan empuk.  Apabila air mengering, tambahkan lagi sesuai selera.
- Hidangkan dengan menaburkan tauge pendek diatasnya dan hias dengan daun jeruk.

Untuk 3-4 orang.


Note : Biasanya kalo beli daging aku lebih seneng di market-market macam hypermart karna disitu dagingnya udah ada keterangan buat rawon, steak, rendang, sop, oseng2 dll.. jadi lebih mudah juga n ga ribet hehehe :D


0 comments: