Monday, September 24, 2012

Mahshi Kromb (Egyptian Style Stuffed Cabbage)


Ini nih salah satu makanan kesukaan aku sewaktu masih tinggal di Kairo. Paling suka -dan aku kangennnn- kalo temen college aku Asmaa bawain mahshi setelah balik dari kampungnya di Elminya. Mahshi dia itu bener-bener home-style cooking banged, ennaaakkk.. eh basically sih aku suka semua ama makanan mesir ya hehehheh.. 

Dan kemaren kebetulan dibawain ama suami bumbu mahshi yang instan. Dulu skitaran tahun 2006 ada banyak mahshi mix dijual dari beberapa merk kayak knorr, maggie dll.. tapi di tahun2 2008 getu mulai jarang ada. Hanya ada beberapa merk lokal yang bikin mahshi mix instan. Mungkin demand kurang kali ya .. orang2 lebih seneng bikin bumbu sendiri :D

Dan nyari daun ketumbar di Semarang itu susah bener. Semua orang nyaranin harus ke pecinan. Tapi aduh masa jauh2 ke pecinan nyari daun ketumbar hahaha .. so di resep ini aku ga pake daun ketumbar, cuma parsley aja. Selain dua daun tadi -daun ketumbar n pasrley- juga ada satu daun lagi yaitu dill (yang bentuk daunnya halus kayak rumput, biasanya ada di carrefour/hypermart :D )

Mahshi Mix itu terdiri dari Cumin, chilli powder, 7 spices, pepper, cinnamon, ginger powder. So, kalo pas ga ada bumbu mahshi, bisa diganti pake bumbu2 tersebut diatas dalam bentuk powder :)

Oia, aku juga pernah tulis resepnya disini dan disini beberapa tahun lalu. See.. how I love mahshi :))

Resepnya aku coba bikin step by step .. mohon dimaklumkan kalo kurang jelas :D

Ingredients :

- 1 buah Kol/Kubis
- 1 cup Beras, rendam 1 jam
- 2 buah tomat, blender halus
- 3 siung bawang merah, iris halus
- Daun parsley (jika ada tambahkan daun ketumbar dan dill), iris halus
- Garam
- Lada
- Butter
- 1-2 cup Air Kaldu
- 3 sdm Mahshi Mix 

Method :

1. Hilangkan batang ujung kubis kayak gambar dibawah ini ya :) .. dengan gini si kubis bisa dengan mudah diambil daunnya per lembar tanpa harus bikin sobek.


2. Rebus air hingga mendidih, lalu celupkan sebentar lembaran2 kol hingga layu. Dinginkan, dan potong jadi dua.. ato sampe kira2 cukup buat menggulung


3. Siapkan bumbu mahshi. Kalo ga ada mahshi mix, tambahkan bubuk jahe, kayu manis, cabe, jintan, ketumbar, kapulaga dan merica hitam. Semua itu dalam bentuk bubuk yaah ...


4. Campurkan bumbu mahshi instan kedalam beras. 



5. Tumis bawang merah halus, lalu tambahkan garam dan tomat blender. Masukkan adonan beras dan irisan daun. Aduk rata dan masak hingga tercampur rata. Angkat.
Gulung mahshi dengan cara satu lembar daun kol, isi dengan satu sendok adonan beras lalu gulung. Lakukan sampai adonan habis.



6. Dalam panci, taruh beberapa lembar daun kol hingga menutup dasar panci


7. Susun gulungan mahshi berjejer rapi, jangan terlalu longgar jaraknya (kalo bisa berhimpitan getu, hahaha bahasanya). Jika terlalu jarang menatanya, nanti ketika direbus beras akan berhamburan keluar :)
Tuang air kaldu hingga batas ketinggian mashi. Beri atasnya dengan butter. Rebus dengan api kecil


8. Jika air hampir menyusut n dirasa nasi belom empuk, tambahkan kembali air kaldu. Rebus dengan api kecil saja yaaahh... kayak masak nasi biasa getu :) 
Jika sudah matang.. diamkan sebentar.


9. Pindahkan mahshi dalam piring saji. Enak dimakan hangat2 .. 


0 comments: