Wednesday, September 12, 2012

Krengsengan Hati Ayam



Resepnya dapet di Tabloid Saji edisi 248. Rasanya enak sih, secara aku penyuka hati ..jadi yaa.. enakk :D di resepnya ada hati dan ampela, tapi aku pake hati aja coz belinya kepisah2 ama ampela.

Di poto resepnya sih warnanya lebih coklat n thick, sedangkan punyaku kurang, mungkin karna aku pake petis udangnya emang ga banyak jadi ga sesuai dengan resep. Aku kurang suka dengan bau petis udang yang over-dominated getu kalo ditambahkan kedalam masakan, jadi cukup pake dikit aja :))

Ini resepnya :

Ingredients :
- 8 pasang hati ampela, direbus. (Kalo aku dikukus)
- 1 sdm petis udang (aku cuma pake stengah aja)
- 2 sdm kecap manis
- 6 buah cabai rawit merah (ga pake coz ga ada)
- 400ml air
- 1 sdm air asem jawa dari 1/2 sdm asam dilarutkan dalam 2sdm air
- garam secukupnya
- 1sdt gula merah

Bumbu Halus :
- 6 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah
- 1/4 sdt merica
- 1cm jahe
- 3 butir kemiri, disangrai

Method :

- Aduk rata bumbu halus, petis udang, kecap manis, cabai rawit merah, dan air.
- Tambahkan hati ayam, ampela dan air asem. Aduk rata
- Tambahkan garam dan gula merah. aduk rata
- Masak diatas api kecil sambil sesekali diaduk. Masak hingga matang n kuah mengental

Note : aku lebih pilih mengukus hati dulu daripada merebusnya coz kalo dikukus hati ayam ga akan hancur n jadi lebih gempi (bahasa indonesianya gempi itu apa ya, ga ngerti deh, pokoknya jadi enak getu, empuk tapi ga hancur hehehhe)

0 comments: