Wednesday, September 19, 2012

Nasi Hujan Panas



Namanya lucukk :D .. nasi hujan panas ini masakan malaysia. Bisa juga disebut nasi pelangi karna memang warna warni, hanya dicampur secara acak. Mungkin inilah kenapa disebut hujan panas ya.. warnanya ga tentu arah, ada hijau kuning merah yang saling bertabrakan, n masih ada sisi nasi yang juga berwarna putih. Sesuai namanya, ibaratnya kadang hujan kadang panas hahaha.. *ini analisa tanpa arah juga 

Saat berkunkung ke KL kemaren aku ga nyobain nasi ini, karna ga tau juga beli dimana :)) .. tapi udah sempet makan nasi lemak *haruslahhh, trus nasi kerapu, laksa dll. 

Nasi hujan panas ini aku kasih lauk sambal goreng hati n kentang, plus dikasi tambahan lauk telur rawis, kacang goreng n timun. Sedappppppp.

Resep source nya aku ambil dari my resipi, tapi aku hanya make 1 cup beras n mengganti air dengan santan biar lebih gurih. 

Ingredients :

- 1 cup beras
- 1 cup santan
- 1 sdm mentega
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 1 siung bawang putih, cincang halus
- 1 cm jahe, dikeprak
- 1 batang serai, dikeprak
- Cengkih, bunga lawang n kapulaga masing2 1-2 biji 
- 1 helai daun pandan, disimpul
- Garam secukupnya
- Pewarna merah, hijau dan kuning

Method :

- Cuci beras dan rendam kurang lebih 15 menit
- Panaskan minyak sapi/mentega, tumis bawang putih n bawang merah hingga harum. Masukkan bunga lawang, kapulaga n cengkeh.
- Masukkan beras, lalu tuang santan. Masukkan serai, daun pandan dan garam. Aduk-aduk dan masak dengan api kecil sedang hingga hampir mengering. (kalo engga diaduk biasanya beras2 ini akan menempel didasar panci n cepat gosong, ya)
- Panaskan kukusan lalu kukus nasi hingga matang.
- Teteskan pewarna merah, hijau dan kuning di 3 titik berbeda. Diamkan beberapa saat.
- Aduk nasi secara acak hingga warna bercampur tidak rata. 
- Hidangkan :)


Note : nasi bisa juga dimasak dengan rice cooker ya dan proses pewarnaannya sama. Saya paling ga bisa masak nasi pake rice cooker :D




0 comments: