Saturday, June 30, 2012

Risoles Tuna Keju


Udah lama banged pengen bikin risoles tuna ini. Kbetulan pas lagi di Gelael liat Tuna flakes yang lumayan murah meriah :), langsung di grab lah.

Tuna ini aku bumbuin minimalis banged, cuma ditumis make bawang putih, ditambahi garam. Juga ga aku tambahi sayuran apapun. Karna aku pengen bener-bener ngerasain rasa otentiknya si tuna n si keju hehehhe :))

Resep kulitnya aku ambil dari tabloid Koki. Satu resep adonan ini bisa jadi kurang lebih 25 kulit. Sedangkan dari satu kaleng tuna cuma bisa muat untuk sekitar 16 buah risoles. Jadi sisanya bisa dibuat martabak ya ato diisi telor keju dll.. :)

Ingredients :

Isi :

- Panaskan margarin, tumis 1/2 siung bawang putih yang telah dicincang halus. Tambahkan 1 kaleng tuna flakes, lalu aduk-aduk n ditekan-tekan supaya tuna jadi lebih hancur. Bubuhi garam, aduk lagi. Masak hingga matang. Sisihkan.

- Parut keju quickmelt. Sisihkan

Kulit :

- 200gr terigu
- 3 butir telur
- Sdikit garam
- 200ml air matang
- 2sdm minyak goreng

Method :

- Dalam wadah, masukkan terigu. Buat lubang di tengah, lalu pecahkan telor. Aduk hingga rata dengan whisk. 
- Tuang air perlahan-lahan sambil terus diaduk hingga rata. Tuang minyak goreng dan tambahkan sedikit garam. Aduk kembali hingga bercampur rata.
- Saring adonan supaya lebih halus n tidak bergerindil. :)
- Dadar satu persatu dalam wajan teflon.

Pelapis :

- Satu butir telur, kocok lepas
- Tepung roti

Penyelesaian :

- Ambil satu lembar kulit risoles, lalu isi dengan 1 sendok tuna, dan beri parutan keju. Gulung. Celupkan dalam kocokan telur, lalu gulingkan dalam tepung roti. Diamkan selama beberapa saat dalam almari es supaya tepung menempel sempurna.
- Goreng dalam minyak panas sedang. Kalo terlalu kecil, nanti risoles akan terlalu lama didalam wajan n jadinya akan pecah/meletus. Kalo api terlalu besar, akan cepat gossssong.


0 comments: