Sunday, June 17, 2012

Getuk Singkong Keju



Biasanya, cara bikin getuk singkong ini stelah ditumbuk, lalu ditambahkan garam dan potongan-potongan gula merah. Lalu getuk dicetak dalam nampan, dan diiris-iris kotak. Cara makannya, getuk ditaburi dengan kelapa, kadang ada juga yang menambahkan saus gula merah (kinca)

Penjual getuk seperti ini masih bisa ditemui di pasar-pasar tradisional dan harganya murah banged. Satu bungkus dihargai kurang lebih 2ribu - 3ribu rupiah, murah banged, ya!! .. biasanya pula, penjual getuk singkong ini juga menjual aneka macam getuk lainnya, juga jajanan pasar lain seperti putu mayang, lupis dan ketan hitam. Cara belinya juga bisa dicampur dalam satu bungkus diisi aneka macam getuk.

Pas kemaren ke pasar, ada penjual singkong mentah yang udah dikupas. Ibu-ibu penjual ini minta saya beli .. "Mba, kan udah keburu dikupas.." .. "yeaaalaah.. sapa juga yang suruh ngupas tu singkong" .. yauda deh, karna harganya juga ga mahal, dibeli juga.

Sampe rumah buka-buka tabloid, nemu resep getuk singkong keju ini di Info Kuliner. Hasilnya enak..gurih n mengenyangkan pastinya :)))) ...

Ingredients :

- 600 gr singkong
- 100 gr keju, parut
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm gula pasir
- 1sdm mentega *karna saya pake salted butter-nya Anchor, jadi garam di skip

Method :

- Kukus singkong hingga matang, angkat. Selagi panas tumbuk singkong sampai lembut. Tapi jangan di blender ya :D
- Tambahkan setengah bagian keju parut, garam dan mentega. Aduk rata
- Bentuk getuk atau cetak dalam cetakan segi empat. Ratakan. Dinginkan
- Iris-iris getuk. Taburi keju parut.
- Siap disajikan

0 comments: