Tuesday, June 26, 2012

Nasi Biryani Ayam


Kata-kata biryani/beriani ternyata bukan berasal dari bahasa India melainkan bahasa Persi, yang berarti goreng/panggang.

Masakan rice-based ini populer banged di India, tapi aslinya berasal dari Iran (Persia) lho *baru tau jugak. Dan di India, biryani ini mengalami modifikasi yang cukup beragam n finally berkembang jadi masakan yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Bahkan, di Inggris pun biryani beserta resepnya sering mondar-mandir di majalah masakan kayak BBC Good Food. Tau kan.. Inggris pernah menjajah India, dan pada perjalanannya, british cuisine juga mendapat pengaruh kuat dari masakan-masakan India. Tapi, Inggris juga punya versi masakan rice-dishes sendiri yang hampir-hampir mirip sama Biryani, namanya Kedgeree, yang juga merupakan anglo-indian cuisine *ujung-ujungnya yahhh, pengaruh India juga ;d

Kalo diliat-liat, nasi Biryani hampir mirip dengan nasi Kabsa dari Saudi, juga nasi Mandi dari Yaman yang juga populer di Mesir. *aku jadi ngiler nulis ini.. :D

Dan.. nasi biryani ini juga cukup populer di Malaysia, Singapore n Thailand. Kalo di Thailand biasanya banyak dikenal sebagai masakan muslim. Di Indonesia, sejenis nasi kebuli getu ya.

Kemaren pas ke Bangkok beli beberapa bumbu diantaranya Massaman Curry Paste. Massaman Curry itu masakan asli Thailand, khususnya daerah muslim Ayutthaya. Dibawa ke Thailand oleh para pedagang Persia *jadi, ujung-ujungnya asli Persia juga ya heuehiehie ;d

Warnanya sih merah.. akhirnya aku bikin nasi biryani. Rasanya lumayan pedes, tapi balance sama manisnya kismis. Kalo nasi biryani yang engga pedes biasanya warna kuning terang, kuning tua atau orange, pengaruh dari kunyit or saffron.

Ini resep aku adaptasi dari BBC Good Food, simpel. Ternyata di makan sama telor asin enak juga ya heuheiheie.. Aku engga pake beras basmati karna kemaren pas ke Gelael cari-cari ternyata kata mbaknya lagi out of stock. Yasudah deh.. tapi beras biasa enak juga ko, asal ga terlalu lembek..


Okay here We go ..

Ingredients :

- 1 cup beras, rendam selama kurang lebih 1/2 jam. (lebih bagus pakai beras basmati)
- 2 buah paha ayam, rebus, iris kotak.
- 1/2 buah Bawang bombay, iris
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 1 buah wortel, iris tipis
- 2sdm pasta kari massaman *di resep BBC pake pasta kari Patak
- 1 batang kayu manis
- 2 cm kunyit, keprak *bisa juga make kunyit bubuk
- 1 cm jahe, keprak
- 1 lbr daun salam
- 2 butir kapulaga
- Segenggam kismis/sultana
- Margarin/Lemak (ghee)
- Kaldu rebusan ayam

Method :

- Panaskan margarin, tumis bawang merah, bawang bombay, daun salam, kunyit, jahe, kapulaga n kayu manis hingga layu
- Masukkan ayam, aduk
- Masukkan pasta kari, aduk-aduk lalu tuangkan beras, aduk sebentar
- Tuangkan kaldu ayam secukupnya. Masukkan kismis, wortel dan garam. Rebus dengan api kecil hingga kuah meresap dan beras menjadi setengah matang. angkat.
- Kukus nasi hingga matang.

Note :
- Kalo di BBC Good Food engga di kukus, jadi beras langsung dimasak dengan api kecil, ditutup pancinya n dimasak sampai matang.
- Daging ayam bisa diganti sapi, kambing ato seafood.
- Bagi yang suka, bisa ditambahkan beberapa butir cengkeh, pasti lebih harum. Sayang, di dapur aku lagi ga punya cengkeh ;<


0 comments: