Friday, June 29, 2012

Red Tom Yum Goong



Tom Yum/Tom Yam ini banyak banged ya versinya. Sama kayak soup lah. Ada tom yam merah, ada yang warnya kekuningan, ada yang orange-orange getu kayak yang aku makan di salah satu warung dekat sungai Chao Phraya, Bangkok,


tapi ada juga yang putih bening, kayak yang aku makan di Sukhumvit Restauran di Kampung Baru, Malaysia.


Pas ke Bangkok kemaren sempet beli bumbu tom yam di MBK, namanya Hot n Sour Curry Paste. Ingredients bumbu ini ada onion, dried chili, salt dan shrimp paste. Jadi warna bumbunya merah.

So, kalo engga ada bumbu jadi pun, tetep bisa buat tom yam merah dengan cara menghaluskan cabai merah yang telah direndam dalam air panas terlebih dahulu. Ato bisa juga pake cabe bubuk kali yahh :)))

Cara masaknya aku ngikutin direction yang ada di belakang bungkus bumbu ini :D .. Rasanya enakkkkk banged, pedesss, gurihhh, asemmm .. ahhh enaaak pokoknya hehehhe

Here We Go :

Kuliti 50gr Udang, lalu blender bersama 50gr bumbu tom yam siap pakai (hot n sour curry paste). Aku tambahin lagi pake sdikit terasi. Kalo di direction bungkusnya, udang direbus dulu baru dihaluskan bersama bumbu siap pakai tersebut. Well, U can try.

Panaskan margarin, tumis Bawang putih yang telah dicincang bersama bumbu halus, lalu tuang kira-kira 3 cups air. Aduk rata. Ato bisa juga langsung rebus bumbu bersama air tanpa harus ditumis. Optional.

Tambahkan 200 gr udang ukuran sedang yang telah dibuang kulitnya, Jamur, beberapa batang Serai yang telah dipotong-potong, beberapa lembar Daun jeruk, irisan Laos, Irisan Bawang Bombay, serta irisan 1cm Jahe. Masak.

Masukkan Saus Tiram/Kecap Ikan. Beri Garam dan Gula secukupnya. Rebus hingga matang. Sajikan.

Kalo yang punya daun ketumbar (cilantro) bisa ditambahkan. Sayang di Semarang itu susah bener nyarinya, kata orang-orang sih musti ke Gang Baru Pecinan, tapi jauhnyaa...


0 comments: