Tuesday, October 11, 2011

Lunpia Ayam Telur



Kalo orang Semarang, ato yang pernah ke Semarang pasti ngerti lunpia ya, yang khas nya isian rebung, kadang dicampur sama udang ato ayam.

Di Semarang yang terkenal adalah lunpia Mbak Lien yang ada di jalan Pemuda, lumayan deket dari Sri Ratu n Resto Oen (buka cabang juga di jl.pandanaran). Tapi kalo pengen beli kesana musti sabar, karna antreannya berderet dari ujung kiri sampe kanan bangku, padahal tempetnya ada di gang sempit.

Kalo yang ga sabar, beli lunpia kw-nya juga ada mwuhahahha.. *mengaco. Tapi memang selain lunpia Mbak Lien, ada banyak penjual lunpia yang juga ga kalah enak. Penjual lunpia ini ada di sekitaran jalan pandanaran n mataram Semarang. Di daerah kota lama sekitaran pecinan (gang lombok) juga ada penjual lunpia, biasanya penjual lunpia yang udah terkenal n enak ini turun temurun dari generasi ke generasi. Hebat yaaaa!!

Jadi, sekarang ini lunpia Semarang bisa dikategorikan dalam beberapa aliran, yaitu aliran jalan pemuda, aliran gang lombok dan aliran jalan mataram.

dan karna lagi pengen banged lunpia tapi ga nemu rebung, akhirnya bikin aliran sendiri, lunpia ayam dan telur mwuhahahh..

Ingredients :

- Kulit lunpia
- Putih telur
- Minyak goreng

Isi :
- Bawang putih, iris halus
- Bawang bombay, cincang kasar
- Daun bawang, iris
- Ayam, rebus, suwir halus
- Telur, kocok lalu di orak-arik, angkat
- Gula pasir secukupnya
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Kecap
- Air kaldu

Method :

- Buat isi, Isi: Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan suwiran ayam, telur orak arik, air kaldu, garam, merica, gula pasir, dan kecap manis, aduk rata dan masak hingga matang dan mengering.
- Sesaat sebelum diangkat masukkan daun bawang, aduk rata. Angkat.
- Ambil selembar kulit, letakkan sesendok makan bahan isian, gulung hingga padat dan rapi, rekatkan dengan putih telur.
- Goreng dalam minyak panas sedang hingga matang.Sajikan.

0 comments: