Friday, July 13, 2007

Lodeh ala Mae


Ini sayur yang aku sukaaaaa bangeddd hihihi.....secara masaknya tu engga ribet, ngga kalah degh ama 30 minutes meal-nya Rachel Ray *huuuw pedee*

Pokoknya asal cemplung aja, smua sayur bisa masuk tapi kalo bikin lodeh sayur2 ini yang biasa aku pake, udah cocok. Bisa juga ditambah dengan terung, en kalo ada petai lebih enak kali yahh, meski engga doyan petainya tapi kalo udah kena baunya bisa seddeppp getu. Udah stooop ko jadi ngebayangin yang engga-engga wegegege, lagian mana ada petai disini yakkkk, ngimpii degh.

Dan tiap daerah, ato tiap orang pasti punya resep lodeh yang bisa beda-beda, tergantung mana yang suka. Bisa bumbunya ditumis dulu ato langsung maen rebus kek resep aku. Ini juga kali ya yang biasa disebut sayur godok, tapi bumbu aku minimalis bangedd. Gpp-lahh....dalam dunia masak memasak smua sah-sah saja, yang penting pertanggungjawaban rasanya itu satu; enyakkk!!! ya iya booo....

Ini resep aku bikin-bikin sendiri, tambah sana kurangin sini, kadang bumbu habis ato kelupaan engga make hohooohooo, ga jelas caranya, tapi dibawah ini udah lengkap kokk...makanya aku catett biar kalo makin tuwir aku engga klupaan mulu ;P dan emang ga ada ukuran brapa2nya, pake feeling aja kali ya....


Bahan :

- Bawang Merah, iris tipis
- bawang putih, geprak ato haluskan
- Cabai merah/hijau, iris
- Buncis, iris panjang
- Wortel, iris bulat
- Tempe, iris panjang
- Sedikit kubis
- Terasi, bakar lalu haluskan
- Ketumbar bubuk
- Lengkuas bubuk
- Garam dan gula secukupnya
- Santan en susu ( 1:1 )

Masaknya :

- Campur air dengan santan en susu, lalu jerang diatas api
- Masukkan semua bumbu iris, bahan2 lain kecuali kubis, ketumbar, lengkuas dan terasi
- Rebus sampai matang
- Masukkan garam dan gula
- Beberapa saat sebelum diangkat, masukkan kubis lalu aduk hingga kubis layu (do not overcooked)

2 comments:

Rita Sella said...

Mae... lodehnya bikin ngiler...

Lady Batya said...

Thnx resep nya ya Mbak..perlu di coba nih...ingat saat suka makan di warteg dulu deh, hmmm. Thnx juga dach nge link Resto Mariena.