Monday, October 10, 2011

Shakshouka

(Shaskshouka pake green pepper)


(Shakshouka tanpa green pepper n lotsa tomatoes)




Masakan egg-based ini namanya shakshouka, ohya dont misspell it ya, shaksouka n bukan shizuka, itu temennya nobita ama doraemon mwuhahahah :D Makanan ini khas dari timur tengah, utamanya di negara Tunis, Aljazair, Maroko n Israel. Eh, terkenal juga di Egypt :D

Ada cerita, pas itu saya jadi panitia buat liburan selama skitar smingguan ke kota Luxor n Aswan. Dan tiap pagi, panitia musti nyediain breakfast buat peserta rombongan karna hotel tempet kami menginap low-budget jadi ga dapet sarapan.

Stelah hari keberapa getu, giliran pagi2 kita sibuk didapur masak shakshouka which is saat itu saya ga ngeh, pokoknya bantu. Ada telor banyak bener, tomat, paprika, bawang bombay n bumbu2 bubuk. Lalu smua dicampur, dimasak n hasilnya hanya bikin aku melongo panjang ooooooowalaah ... ini tho orak arik telur ala orang timur tengah huahahah .. namanya cute banged, shakshouka, n sejak saat itu aku selalu suka yang namanya shakshouka, dan .. semua masakan timur tengah sih :D

Shakshouka Biasanya dimakan bareng 'isy [egyptian flat bread] ato bisa juga dibuat sandwich.

Shakshouka sendiri cara memasaknya ga harus di scrambled (orak-arik), tapi bisa juga di poached ato di-fried. Sewaktu saya main kerumah teman orang Mesir di daerah Giza Suburban, dimana daerahnya masi lumayan terpencil n agak jauh dari peradaban ;d, pas makan siang kami disuguhi shakshouka yang di poached. Jadi, dalam mangkuk, telur itu dipecahkan utuh (engga di kocok hancur), lalu diberi samnah (ghee), irisan tomat yang dipotong dadu n diberi seasoning garam, merica n sedikit taburan flaked chillies, lalu dipanggang dalam oven hingga telor matang n samnah meleleh. Shakshouka tadi dihidangkan bareng 'isy balady yang kering kayak kerupuk n diberi tambahan cucumber salad. Rasanya?? aneh lah hahahha...tapi enak.

Ingredients

- 2butir Telur
- 2buah Tomat matang (iris dadu kecil/blender)
- ½ bagian paprika hijau
- 1 bawang putih
- 1/2 medium bawang bombay
- Minyak
- Garam n merica
- Cabai merah bubuk

Method:

- Potong-potong tomat bentuk dadu kecil. Iris stripe paprika. Sisihkan
- Cincang bawang putih dan bawang bombay
- Panaskan minyak, tumis bawang putih n bawang bombay.
- Masukan tomat n paprika, garam dan cabai bubuk. Aduk rata
- Pecahkan telur satu persatu, aduk pelan hingga bercampur rata n telur matang.
- Angkat

Note :
- Kalo ga suka dibuat scramble, stelah telor dipecahkan satu persatu, kecilkan api, lalu tunggu hingga telur matang n angkat.
- Opsi laen, stelah paprika n tomat matang, angkat. Pecahkan telur diatasnya, tambahkan samnah (ghee) atau butter lalu oven sebentar hingga matang.

0 comments: