Tuesday, October 11, 2011

Mango Mahalabiya



Selain roz bel laban yang udah ditulis resepnya kmarenan, dessert bernama mahalabiya (مهلبية) yang satu ini juga khas banged dari middle east, trutama di daerah Egypt n Lebanon.

Rasanya creamy, sekilas hampir2 (hampiiiir tapinya) mirip ama creme brulee n creme caramel. n not to be confused with roz bel laban ya, kalo roz bel laban itu teksturnya thick, mahalabiya ini lebih lembut.

Sebenarnya mango mahalabiya ini adalah variasi dari original mahalabiya which is ga pake jus mangga dalam campurannya, jadi cuman pake susu.

Ini resepnya cuman aku bikin stengah resep aja, karna orang dirumah pasti ga ada yang doyan mwuhahah.. pas beli di Kairo dulu, warnanya bisa kuniiinggg banged getu, tapi pas kemaren bikin warnanya jadi pucat. Mungkin dulu pas beli itu dikasi campuran pewarna kali ya. Ah iya aja lah ;d ..

Ingredients:

- 4 cups susu
- 1 cup gula
- 4 sdm maizena (bisa juga pake custard powder)
- 1 cup jus mangga
- 1/2 cup air
- 1/2 sdt vanilla essence
- irisan mangga untuk garnish

Method :

- Campur gula dengan 3 cups susu, rebus hingga matang. Campur sisa susu (1 cup) dengan maizena/custard
- Tambahkan perlahan campuran maizena kedalam susu rebusan tadi dan aduk cepat hingga kembali mendidih. *penting: ngaduknya musti cepet biar ga menggumpal2
- Tambahkan jus mangga lalu aduk kembali dengan cepat dan kecilkan api. Rebus kembali sekitar 5 menit
- Terakhir tambahkan air (bisa dikira2 juga, hingga mencapai konsistensi yang bagus) dan vanilla essence, lalu aduk n masak kira2 3 menit
- Matikan api, dan biarkan agak hangat lalu masukkan kedalam mangkuk dan diamkan
- Garnish atasnya dengan irisan mangga atau mixed nuts atau dried fruit
- Bisa dimakan dalam keadaan hangat atau dingin :)

*Note :
ini ingredients kalo mau bikin mahalabiya yang original. Yang diatas tadi mahalabiya KW super hahahha ;p. Methodnya sama aja.

- 2 cups susu full cream
- 1/4 cup maizena/custard powder
- 1/4 cup gula
- 3 sdm rosewater atau vanilla essence

0 comments: