Sunday, December 04, 2011

Ayam Masak Habang



Ayam masak habang ini aslinya berasal dari kalimantan, khususnya daerah Banjar. Kata Habang mungkin artinya merah ya, kalo dalam bahasa jawa dibilangnya abang hehehe..

Resep ini ambil dari majalah Sedap, tapi ayamnya ga saya goreng dulu melainkan dibakar n saya tambahin pake cabai rawit utuh. Ennaakk banged..

Ingredients :

- 1 ekor ayam, potong 12 bagian
- 1sdt garam
- 1sdt air asam jawa (1/2 sdt asam dilarutkan dengan 1sdm air)
- 1 batang serai, memarkan *saya pakai 2
- Garam dan Gula Merah Secukupnya
- 500ml santan
- Minyak untuk menumis
- Cabai rawit utuh *tambahan

Bumbu Halus :

- 8 buah cabai besar
- 10 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 butir kemiri, sangrai
- 1 buah tomat merah
- 1sdt terasi bakar
- 2cm kencur
- 1cm jahe
- 2cm lengkuas

Method :

- Lumuri ayam dengan garam dan air asem jawa, diamkan sekitar 15 menit
- Goreng ayam dengan minyak yang sudah dipanaskan. (part ini, ayam ga saya goreng tapi saya bakar)
- Tumis bumbu halus dan serai sampai harum, masukkan ayam, aduk rata. Tambahkan garam dan gula merah
- Tuang santan. Aduk rata, masak sampai matang dan bumbu meresap

0 comments: