Monday, November 07, 2011

Gulai Otak



Enaknya makan otak ini, ga usah pake effort berlebih karna teksturnya yang super soft hihihi..jadi aman, ga bikin sakit gigi. Tapi kalo dimakan banyak2 jadi eneg ya.

Saya bukan penggemar masakan padang karna kebanyakan cita-rasanya pedesss which is saya sangat ga suka. Saya pernah makan gulai otak yang lumayan enak di rumah makan padang di daerah Ngaliyan, Semarang. Rasanya enak sih, tapi ya itu, pedessss bangeddd, jadi sekali makan satu sendok bisa habis stengah gelas minuman, lalu makan lagi dan minum stengah gelas lagi, begitu sterusnya.. alhasil bukannya kenyang nasi tapi saya berasa kayak jadi manusia glonggong *nyaingin sapi glonggong hahahah..

Ini resepnya saya ambil dari sini, dengan beberapa tambahan bahan dan -seperti biasa- ga pake ukuran yang sesuei banged sama resep.. dan daun mangkokan itu baru dateng stelah masakan mateng plus udah dipoto, jadi sore2 saya bikin lagi sdikit bumbu dicampur sama daun mangkokan ini lalu dimasak n dicampurkan kedalam gulai yang udah jadi, pas mau ambil fotonya hari udah gelap .. :D

Ingredients :

- 1 buah otak sapi, kukus 20 menit, buang kulit arinya, potong2
- 1000 ml santan dari 1 butir kelapa
- 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
- 2 batang serai, dimemarkan
- 5 lembar daun mangkokan, diiris tipis
- 1 buah asam kandis
- Tomat, iris *tambahan
- Bawang merah goreng *tambahan
- Garam n gula

Bumbu Halus :
- 7 buah cabai merah
- 3 cm kunyit
- 2 butir kemiri
- 6 butir bawang merah
- 1 sendok teh merica *cuma pake sdikit
- 2 cm jahe
- Bawang putih *tambahan

Cara membuat:

- Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus bersama serai, daun mangkokan dan daun jeruk sampi harum
- Tuang santan, aduk terus sampai mendidih, masukkan otak sapi, beri gula dan garam
- Masak sampai bumbu cukup terserap, lalu masukkan tomat. Rebus sebentar lalu matikan api. Taburi dengan bawang goreng

0 comments: