Tuesday, February 01, 2011

Rempeyek Kacang




Tiap hari Ibu selalu beli rempeyek. Tapi stiap beli rempeyek selalunya daun jeruk yang ada dikit banged bahkan kadang ga ada. Akhirnya saya pengen nyoba buat sendiri, jadi kan bisa dikasi daun jeruk sebanyak-banyaknya mwuhahhah...

Saya pikir, bikin rempeyek itu bakalan ribet n somewhat tricky, karna cara gorengnya yang harus ada di pinggiran wajan biar bisa tipis n ga menggumpal di tengah kayak mau goreng bakwan, lalu disiram-siram n finally baru 'digiring' ketengah sampai matang. Bingung? aslinya ga sih, hanya kata-kata saya aja yang mbulet :D ..

Saya ambil resepnya dari Tabloid Nova. Sebenernya ga ngikut-ngikut resep banged ukurannya, karna asal dicampur-campur n dimasukkan. Ternyata ga sulit ya goreng rempeyek itu hihihi ... mudah bangeeed.

Ini resepnya ...

Bahan:
- 250 gr tepung beras
- 100 gr tepung sagu
- 1 btr telur (saya pake kuningnya aja)
- 150 gr kacang tanah (saya iris tipis2)
- 400 ml santan kental
- 5 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus (saya pake buanyakk) :D
- minyak goreng

Haluskan:
- 2 siung bawang putih
- 1/2 sdt ketumbar
- 2 btr kemiri
- 2 cm kencur
- 1 sdt garam

Cara membuat:
- Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri, kencur, dan garam, sisihkan.
- Campur tepung beras, tepung sagu, dan bumbu halus, aduk rata. - Masukkan telur, aduk-aduk sambil dituangi santan sedikit-sedikit sampai rata, masukkan irisan daun jeruk, aduk rata, sisihkan.
- Panaskan minyak dalam wajan, ambil sesendok adonan tepung, taburi irisan kacang tanah, tuang dengan cara mengalirkan di sisi wajan di atas permukaan minyak goreng.
- Setiap kali menggoreng paling banyak 4 – 5 sendok adonan. Siram-siram rempeyek sampai agak kering dan terlepas, goreng hingga kering kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Note : Saya langsung masukkan kacang n kedalam adonan, bukan menaburkannya pas adonan dituang, kerepotan soalnya :D