Tuesday, February 08, 2011

Sawut [Gobet]




DI daerah saya, sawut ini dikenal dengan nama gobet. Bisa jadi di daerah lain juga beda nama. Biasanya para penjual gobet udah menggelar dagangannya sejak pagi-pagi di pasar n udah habis sekitar pukul 10-an. Selain gobet, mereka juga menjual aneka macem gethuk dari singkong, cenil, putu mayang n lupis ketan. Belinya juga terserah kita, bisa 2000, 4000 dst. Kita tinggal sebutin ato tunjuk apa yang kita pengen, trus ditata sama penjual di atas daun pisang. Sbelum dibungkus, getuk2 pilihan kita akan ditaburi kelapa n kinca [karamel gula jawa] .. they're super cheap n perfectly yummy :D

Karna penjual2 gethuk skarang ini udah lumayan jarang, couple of days ago saya coba buat sendiri. Dan karna udah lama ga bersentuhan dengan singkong dan parutan, agak kesusahan juga nyerutnya. And to make it worse, baru dapet 2 parutan jempol saya keserut juga, hwaaaaaaaahhhhhh .. I was crying like a baby mwauhahaha... dan acara serut-menyerut dilanjutkan adek saya -(

Mo bikin gobet sendiri?? ni resepnya saya ambil dari NCC .. beli singkong sekilo jadinya buanyakkkk :D

Ingredients :
- 1 kg singkong, kupas, serut kasar
- ½ btr kelapa, kupas parut, kukus.
- ½ sdt garam

Pewarna: merah dan hijau, secukupnya.

Method :

- Bagi singkong serut menjadi 3, satu bagian beri pewarna merah aduk rata, satu bagian beri warna hijau aduk rata. Kukus 20 menit atau hingga matang.
- Kelapa parut kukus beri garam, aduk rata.
- Sajikan sawut triwarna dengan taburan kelapa parut.
- Bila menghendaki rasa agak manis, beri sedikit gula pasir sebelum sawut dikukus, aduk rata.

Note :
- sebelum dikukus, saya campur parutan singkong dengan gula pasir agak banyakan, karna saya suka gobet yang manis =D

0 comments: